Skip to main content

AKHIRNYA SAYA MEMILIH GUNS N' ROSES DAN 5 LAGU ITU

"Mbang, Ojo banter-banter neg nyetel lagu"
"Yo, Mak. Tak cilikne"

Percakapan itu terjadi ketika saya masih SD. Tepatnya di rumah mbah buyut. Dan itu adalah percakapan antara Om dan Mbah buyut saya. Lalu saya? Ya. Saya hanya bermain-main di halaman bersama teman-teman sembari menyadari bahwa lagu-lagu yang enak didengar dan mengalun keras tadi volumenya dikecilkan.  

Mengingat kejadian berikutnya yaitu masih dengan usia di sekolah dasar akhir dan masa SMP, saya dan teman-teman sering mengadu tangkas dengan permainan Guitar Hero di layar playstation 1 & 2. Saya begitu suka melodinya, tapi tak pernah hafal siapa penyanyi dan apa judul lagunya. Saya hanya bisa sedikit menirukan melodinya melalui mulut,

"Teng nong neng nong teng nong neng nong"

Ya. Sampai bertahun-tahun kemudian saya menemukannya.

Benar sekali. Pemilik melodi dan lagu-lagu cadas itu adalah Guns n' Roses : The most dangerious band in the world.

Dan seiring kemajuan akses internet dan teknologi, saya mencarinya di internet. Membaca banyak artikel dan mendownload hampir semua lagu dari seluruh albumnya. Tak ayal juga mengikuti perkembangan instagram yang menggambarkan reuni band itu setelah sekian lama meninggalkan axl rose saja yang masih menjadi personil aslinya.

"Lagu opo iki?"
"Rock 'n roll broo"
"Lha judule?"
"Sing nomer 4 pokoke"
"Oh yo, neg sing gitar iso muter-muter dipencet opo?"
"Dipencet Select"

Kurang lebih begitulah percakapan kecil saya dan kawan-kawan di rental Play Station. Ada satu player yang berambut kriting panjang dan memakai topi sulap. Kami menyebutnya seperti Undertaker pemain smackdown, namun belakangan kemudian kami tahu dia mirip dengan salah satu gitaris terbaik yang pernah dimiliki dunia ini: Ya. Slash. Dengan gitar pusakanya: Les Paul.

Dan hari ini saya dibuat senang dengan adanya panggung reuni Guns n' roses. Axl Rose, Slash, Steven Adler, Dizzy read, dan Duff Mckagen kembali satu panggung.Setelah sebelumnya Axl dan Slash mengalami cekcok yang cukup lama. Barangkali lebih lama dari cekcok yang pernah dialami Axl dan Kurt Cobain. Namun sayang, dalam Guns n' Roses Reunion ini Izzy Stradlin memutuskan untuk tidak ikut, padahal Slash dan Izzy termasuk pasangan gitar yang cukup menggemparkan pada masanya. Saya berharap formasi ini memang berjalan seterusnya. Pasalnya tak sedikit yang menyebut G n R tanpa Slash dan yang lain bukanlah G n R.

"Padahal gonta-ganti personil dalam band itu sebenarnya biasa"

Mungkin ini juga yang akhirnya membuat saya bisa menerima proses band G n R sejak album dahsyat Appetite For Destruction sampai album Chinese Democracy di tahun 2008 yang sering sekali melakukan gonta-ganti personil. Terlebih mengingat permainan gitar  Ron 'Bumblefoot' saat memainkan melodi merinding Indonesia raya sebelum memulai lagu Dont Cry kala pentas di Jakarta.

"Tapi band iki lawas banget"
"Yowislah. Sing anyar-anyar yo ora begitu mengerti aku"

Lalu saya lebih memilih lagu-lagu dan band di zaman itu. Zaman ketika banyak kehidupan orang berubah setelah mendengar smile like then spirit di album nevermind-nya kurt cobain, berjingkrak riuh ketika queen menyanyikan We Will Rock You, atau Mengibas-ngibaskan rambut gondrong bersama lagu cadas Skidrow yang berjudul youth gonna wild. Sungguh zaman keemasan rock dan hair metal yang sulit terulang lagi di zaman sekarang.

Tapi yang baik di hari ini setidaknya masih banyak orang yang mau belajar dan mendengarkan semangat zaman tahun-tahun keemasan musik cadas itu. Ya. Puji Led Zeppelin, Kiss, Poison, Motley Crue, Deep Purple, Bon Jovi, The Who, Metallica, atau para sesepuhnya: The Beatles, Rolling Stones, Black Sabbath, dll. Sehingga kemudian juga lahirlah album G n R yang mengguncang dunia: Appetite For Destruction, dengan lagu-lagu cadas dan melodi pembangkit api generasi mudanya: rambut gondrong, keberanian hidup, dan kebebasan.

Saya termasuk yang amatir sebenarnya dengan perkenalan lagu-lagu dan band itu. Ya. Saya generasi yang lahir ketika musik rock atau metal lebih didominasi band semacam Linkin Park, Greenday, Dream Theater, dan kemudian Avenged Sevenfold. Tapi lagi-lagi saya tetap bertahan di tahun itu: 80'an. Ya. Yang kemudian untuk band Favorit saya lalu jatuh pada Guns n' Roses, tentu ini subjektif.

Dan demi banyak hal yang saya merasa terbantu dengan iringan musik cadas Guns n' Roses. Seperti masa kecil saya yang kadang mendengarkan lagu dont cry dari rumah Om, Permainan Guitar Sweet Child O Mine di Game Playstation, juga terpana dengan melodi panjang November Rain saat tak sengaja mendengarnya di pasar. Dalam kesempatan ini saya akan memilih 5 lagu G n R favorit saya. Meskipun dengan catatan bahwa saya tak bisa bermain musik. Tapi semampu mungkin saya belajar mencintainya. Berikut ini urutannya:

5. Sweet Child O Mine

Ini lagu yang memorable. Axl menulis lirik untuk mantan istrinya. Dan lagu ini juga yang membuat saya terkenang pada game Guitar Hero di masa kecil.

Melodinya easy listening dan tentu saja, lagu ini populer. Lagu yang paling banyak didengarkan bersama lagu Welcome to the Jungle di album Appetite for Destruction. Dan dua lagu itu juga masuk dalam 500 lagu terbaik versi majalah Rolling Stones. Saya suka. Dan saya letakkan di urutan nomor 5. Mengingat lagu ini yang cukup mainstriem. Tapi ini lagu yang selalu bisa membawa dan mengingat lagi kenangan yang bahagia.

Where do we go
Where do we go now
Where do we go
Sweet Child O mine

Kemana kita akan pergi
Kemana kita akan pergi sekarang
Kemana. Kita akan pergi
Oh. Masa kecilku yang indah

4. Paradise City

Siapa yang bisa menghentikan hentakan lagu ini setelah Axl meniup peluit dan membuangnya. Sebab semua personil kemudian menyalakan api cadas di alat musiknya masing-masing. Steven Adler yang keras sekali menabuh drum, lalu Slash dan Izzy memainkan gitar yang membuat semesta menjerit. Juga Duff yang kencang sekali membetot bass dan beberapa kali ikut mengisi suara di vokal. Axl sendiri di lagu ini menyanyikan lirik yang padat untuk mengejar musiknya yang rapat. Hasilnya komposisi musik rock yang tidak main-main. Maka pantaslah jika kemudian lagu ini masuk list favorit saya. Musiknya benar-benar bisa memacu semangat. Terlebih liriknya juga kuat, menceritakan rindu pada kota yang abadi: semacam kota sorga. Dan celakalah mereka yang tidak berjingkrak ketika mendengarkan lagu ini!

Take me down
To the paradise city
Where the grass is green
And the girls are pretty
Oh, wont you please take me home

Jatuhkan aku
Ke kota sorga
Tempat dimana rerumputan hijau
Dan gadis-gadis cantik
Oh. Tidakkah kau hendak mengajakku pulang

3. November Rain

Suatu waktu Axl berkata,

"Hal yang benar-benar tak mudah adalah memotong atau menghilangkan intro november rain yang cukup lama durasinya itu"

Dan hasilnya adalah lagu fantastis. Musik rock ballad dengan panjang durasi 8 menit, setelah sebelumnya di versi awal berdurasi 25 menit. Axl benar-benar berambisi dalam lagu ini dan penggarapan video klip jeniusnya. Salah satu cerita menyebut Axl telah memulai menulis liriknya sejak usia 17 tahun.

Lalu bagaimana penggarapan musik dan video klip di lagu ini? Maka silahkanlah resapi dengan khidmat alunan grand piano yang dipetik Axl selama lagu berjalan benar-benar membius, juga gitar yang dimainkan Slash benar-benar menyayat dada. Pun tentu saja orang tak akan bisa melupakan momen epik ketika Slash naik diatas grand piano dan memainkan melodi pamungkasnya. Ya. That's amazing action!

Lagu ini pun yang pernah membuat saya terpana di pasar ketika masih berseragam SMP. Melodinya membius. Saya mendengarnya sayup-sayup dari toko VCD bajakan ketika saya sedang asyik menikmati Es campur di pinggir jalan.

Ya. Lagunya asik. Video klipnya epik.

'Cause nothing' lasts forever
Even cold november rain

Sebab tak ada yang abadi
Seperti halnya gigil dingin hujan bulan november

2. Better

Saya menemukan lagu ini secara tak sengaja. Yaitu asal klik lagu G n R. Lalu musiknya mengalun. Saya merasa, lagu ini tak sembarangan.

Diawali dari distorsi gitar dan tabuhan ritmis drum, lagu ini memulai permainannya. Cadas: Iya. Sendu: Kadang-kadang. menyayat: cukup sering. Dan menurut hemat saya, lagu ini penuh keoptimisan untuk memandang semua yang telah lalu pasti menjadi lebih baik.

Lebih jauh, Lirik lagu ini cukup rapat. Banyak sekali inovasi apik nada di sana-sini. Pencapaian luar biasa untuk lagu sendu yang penuh keoptimisan. Saya merasa ada yang tak biasa di lagu ini. Semacam energi baik. Dan itu yang membuat saya suka. Dan saya meletakkannya di nomer urut 2.

Now I now you better
You know i know better
Now i know you better

Sekarang aku tahu kamu lebih baik
Kamu tahu aku tahu (aku) menjadi lebih baik
Sekarang aku tahu kamu lebih baik


1. Estranged

Artinya terasing. Dan lagu yang panjang untuk seorang yang terasing.

Banyak kejutan di lagu ini. Terutama di bagian-bagian akhir. Lagu yang berdurasi 9 menit ini sukses menciptakan atmoshfir rock lewat teriakan Axl yang bagai meluapkan seluruh emosinya dan gitar Slash yang mematikan.

"Slash, ini benar-benar melodi yang membunuh"

Begitu ucap Axl saat Slash mengerjakan penggarapan untuk bagian nadanya.

Awalnya saya belum langsung suka mendengar lagu ini. Tapi saya tertarik. Sebab ini lagu panjang yang tidak membosankan. Dan memang benar. Axl menulis lagu ini ketika menghadapi persoalan pelik hidup yang tak main-main. Itupun masih dilengkapi permainan musik dari personil lain yang membuat lagu cadas ini makin utuh. Salah satu sumber juga menyebut Estranged ini merupakan pamungkas dari trilogi video klip sebelumnya: Dont Cry dan November Rain.

Berjalannya waktu dan sering mendengarkan lagu ini membuat saya menyadari satu hal, bahwa lagu ini semacam mempunyai alur dan mampu memainkan emosi dengan apik. Lagu ini mempunyai melodi yang naik turun dan memungkasi persoalan keterasingan di akhir dengan teriakan luapan emosi Axl yang ditahan sejak awal. Dan saya menempatkannya di nomor satu. Favorit. Keindahannya tak terduga!

Seems everything we've ever known's here
Why must it drift away and die

Nampaknya segala yang pernah kita tahu ada disini
Mengapa harus terpisah dan mati

***

Sementara cukup. Ya. Sengaja saya memilih 5. Mungkin saat ini tentang lagu dan band. Besok mungkin kopi, film, puisi, atau bahkan makanan. Saya benar-benar sedang melawan rasa malas untuk menulis. Dan lagu-lagu Guns N' Roses banyak membantu asupan semangatnya.

Music is all around us
All you have to do is just listen it
~ August Rush Movie


Diketik dengan Hape. Jogja-Pakem. Minggu terakhir agustus. 2016

Comments

Popular posts from this blog

'Menikah itu Biasa Saja'

/1/. Saya sepertinya akan selalu memikirkan pembuka novel Anna Karenina karangan Leo Tolstoy sampai kapan pun. "Keluarga bahagia, bahagia dengan cara yang sama. Keluarga tidak bahagia, tidak bahagia dengan caranya masing-masing," tulisnya. Dan saya menikah. Mengucap janji di hadapan penghulu, orang tua, saksi, hadirin yang datang, dan tentu saja pacar saya yang menjadi istri saya: Yeni Mutiara. Mungkin aneh. Tapi saya berharap ini biasa saja. Seperti menggubah lagu Efek Rumah Kaca yang dimuat dalam album debut eponimnnya. Ketika rindu, menggebu gebu, kita menunggu Jatuh cinta itu biasa saja. /2/. Saya masih mengingatnya. Tertanggal 4 Maret. Pagi tiba ketika kapal laut mengangkat sauh di selat sunda. Itu kali pertama Abah, Ibuk, Adek, dan Budhe mengalaminya. Kami duduk di ruang terbuka. Mengamati gugusan pulau kecil dengan pepohonan kelapa yang berjejer, seperti lanskap di buku gambar anak-anak. Sesekali kami minum kopi, memakan cemilan, dan meresapi udara se

Kau, Cahaya

Di hadapan pintu kebahagiaan. Kesedihan menyeruak, membawa pedih, menggigilkan tubuh waktu sebelum keberangkatan. Segala yang bernyawa, berujung tiada. Pada keheningan itu, sebelum maut. Nama umat yang kau sebut Seorang penyair melagukannya. Sebatang pohon kurma menangis, tatkala kau pergi. Air matanya luruh melebur embun shubuh. Kesejukan pagi itu, angin yang berhembus di sekitarnya, dan tangis yang belum berhenti, seperti pertanda perasaan kehilangan, yang akan selamanya. Tapi mengapa nama umat yang kau sebut, bukan sorga, juga bukan Tuhan yang menciptakan semuanya, saat kematian itu tiba?  Kau manusia. Mengembala. Berniaga. Bersedih dan bercanda. Dan di hatimu, terbuat dari apa relung sanubari itu, begitu hidup, begitu luasnya. Begitu jernih, menarik semuanya.  Kau yang penuh cinta.  Cahayamu terbit dari kegelapan suatu masa. Pendarnya membuat orang-orang menghampirimu. Bahkan di hari lahirmu, orang yang kelak sangat membencimu, pernah begitu bahagia. Ia haru, ia merdeka

Selamat Ulang Tahun, Istriku

Beberapa puisi ini untukmu.   /1/. Pohon-pohon meranggas di sekujur tubuhnya,  usia dan waktu  berkejaran.  pernah kita memandanginya  di sana-sini  menghitung hari-hari  yang ditinggalkan hujan.  kita terus saja berbicara  menginginkan suatu hari  hanya angin, dingin,  dan luasnya cakrawala.    kau sandarkan kepalamu  di pundakku  tangan kita berpegangan.  Rasanya seperti  menggenggam erat seluruh isi dunia ini.    /2/. Cat yang belum kering  wangi ini akan selalu kuingat  dengan cara terbaik  yang kumiliki.    saat itu, dinding kusam  tubuhnya mengelupas  oleh lupa  dan terabaikan.    kita mengingat suasana  yang kita inginkan  sebelum bulan berganti  dengan penyesalan.    kuas menyapu sekeliling  menghapus kesedihan,  dan dendam  di balik pintu.    perlahan, udara baru  masuk dari ruang tamu  untuk tinggal  dan menetap.    dunia ini bukan ruang tunggu kita memang sengaja diundang  untuk berbahagia.   /3/. Kacamata di atas meja    seringkali aku menemukannya